Senin, 20 Juni 2011

Cara membuat jaringan wireless

Menentukan lokasi hotspot
Saat ini banyak dikembangkan fasilitas hotspot yang memberikan layanan untuk mengakses internet tanpa kabel ditempat-tampat umum . Namun, anda bisa membawa teknologi wireless tersebut kedalam rumah anda , Caranya mudah, anda cukup menentukan lokasi hotspot yang tepat dirumah anda kemudian mendaftar sebagai pelanggan layanan jaringan internet dan tentunya menyediakan peralatan yang dibutuhkan seperti wireless router atau accses point dan wireless card atau Wi-fi adapter.
Hotspot merupakan suatu area ditempat terbuka ataupun ruangan tertutup yang memancarkan broadband internet dalam bentuk gelombang radio. Pada prinsipnya hotspot dibedakan menjadi dua yaitu hotspot garatis dan berbayar.
Hotspot gratis
Hotspot gratis merupakan layanan penyediaan jaringan internet tanpa kabel dimana setiap orang memiliki kebebasan untuk menggunakanya . Biasanya hotspot ini ditemukan pada tempat-tempat umum , seperti kafé, kampus, pusat pembelanjaan. Meskipun tersedia gratis tempat tertentu seperti kafe dan kampus tidak semua orang bisa mengaksesnya . Misal dikafe secar khusus disediakan untuk pelangganya, Sama halnya dikampus , biasanya hanya ditentukan bagi para mahasiswa yang terdaftar dikampus tersebut. Hotspot berbayar
Merupakan layanan jaringan internet tanpa kabel dimana setiap orang mengaksesnya dikenakan biaya atau pembayaran. Misalnya dirumah-rumah ,kantor dan perusahaan seperti, indosot M2 , Indosat broadband , XL HSDPA,Telkomsel Flash, T Mobile . Jika anda memakai layanan tersebut maka anda tiap bulan kena biaya ataupun system paket.
Untuk menentukan lokasi hotspot yang tepat,terdapat dua tipyang anda lakukan yaitu;
Menempatkan access point atau wireless router berdekatan denga n broadband modem. Tip ini bias menjadi alternative bagi anda dalam menentukan lokasi hotspot yang tepat apabila anda berencana untuk menggunakan lebih dari satu komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet. Selain modem , Anda bias menempatkan wireless router didekat DSL(Digital Subscriber Line) atau satellite.
Menempatkan wireless ditengah-tengah cakupan area.
Anda dapat mengakses sinyal jaringan dimana saja didalam kantor,atau rumah, tanpa kabel dengan kata lain,bagi anda yang mempunyai ponsel yang di fasilitasi wi-fi bias mengakses langsung ke jaringan tersebut,sselam anda berada dalam cakupan area hotspot.
Ketika anda menentukan lokasi yang tepat sebagai area hotspot ,anda harus menghindari hal-hal sebagai berikut;
· Menempatkan access point atau wireless router dibelang pintu yang berbahan logam.
· Menempatkan accsess point atau wireless kedalam lemari
· Menempatkan access point atau wireless router didekat peralatan elektronik yang memancarkan gelombang radio.
Untuk menghindari hacker anda harus menjaga keamanan hotspot yang telah dipasang dirumah atau dikantor, anda bias melakukan langkah-langkah sebagai berikut;
1. Pastikan anda mempunyai firewall dalam computer anda dan gunakan anti virus serta windows update secara rutin.
2. Pilihlah hotspot yang menawarkan Wi-fi protected Accses (WPA).
3. Pastikan Anda tidak mengakses secara online rekening bank anda ketika menggunakan hotspot umum.
4. Pastikan anda menggunakan website yang aman ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit secara online.
5.Matikan fasilitas sharing file dan print. Untuk mematikan fasiiltas tersebut , bukalah Control Panel, pilih Network and internet Connections pilih Network conection tekanlah tombol Properties kemudian tab General aktif lalu nonaktifkan kontak cek file and printer sharing for Microsoft Networks.
6.Jika anda menggunakan laptop dan tidak melakukan aktivitas internet , sebiknya anda matikan wireless adapter untuk mendahi sinyal. Untuk mematikan wireless adapter klik kanan ikon wireless Netwok Conection lalu pilihlah opsi Disable.
Sumber : Jubile Enterprise // membuat jaringan tanpa teknisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar