Rabu, 15 Juni 2011

Cara Konfigurasi komputer

Konfigurasi komputer sangat dibutuhkan bagi anda yang baru belajar komputer. Konfigurasi dasar ini sejak pertama dibuatnya komputer hiingga computer saat ini , computer yang kita kenal sekarang ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:
1. Hardware (perangkat keras)
Hardware adalah suatu peralatan bentuk fisik yang menjalankan system computer. Hardware digunakan sebagai media untuk menjalankan software (perangkat lunak) dan peralatan ini berfungsi untuk menjalankan intruksi-intruksi yang diberikan dan mengeluarkanya dalam bentuk informasi yang digunakan oleh manusia untuk laporan. Hardware terdiri dari.
a. Input device
Merupakan alat yang digunakan untuk memasukan data atau intruksi kedalam komputer. Input device sesuai dengan namanya digunakan untuk memasukan data atau intruksi kedalam CPU (proses device).
Contoh : Keyboard, mouse, lightpen, dan joystick.
b. Proses device
Merupakan alat yang digunakan untuk melaksanakan kumpulan intruksi yang akan ditujukan untuk menghasilkan suatu hasil tertentu yang dikehendaki. Proses device dapat melakukan tugasnya jika ada masukan dari input device baik berupa data maupun intruksi alat ini disebut CPU (Central Processing Unit).
c. Output device
Merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan laporan atau informasi hasil pengolahan dari input baik ditampilkan pada layar monitor maupun dicetakpada media lain.
Conttoh : Monitor, printer, dan plotter.
Untuk lebih jelasnya lihat skema dibawah ini;
INPUT _ PROCESS _ OUTPUT
2. Software (perangkat lunak )
Software adalah rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dikehendaki. Perangkat lunak ini dijalankan pada process device jika mendapatkan respon masukan dari input device dan hasil process yang dilakukan oleh perangkat lunak dikeluarkan dengan output device.
Contoh : DOS, Microsoft, Windows, Unix, dan Linux.
3. Brainware (perangkat piker)
Braiware adalah orang yang menggunakan computer. Orang tersebut harus mempunyai kemampuan minimal dapat memasukan data dan berhasil atau tidaknya suatu prosess yang dilaukan pada processan mengeluarkan informasi. Perangkat pikir sangat menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses yang dilakukan pada process device, karena computer hanya akan bekerja jika mendapatkan untruksi yang diberika oleh perangkat lunak diberikan oleh perangkat pikir.
Contoh : Operator, Programer, dan system analyst.
Untuk lebih jelasnya , anda lihat skema berikut;
KOMPUTER--------1 Hardware-------Input
Procces
Output
2 Software-------System operasi
Bahasa pemrograman
Program pake
3 Brainware-----Operator
Programer
System analyst
Sumber : Agung - pengantar sistem komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar